--> CARA MEMBUAT PATUNG DARI GYPSUM -->

CARA MEMBUAT PATUNG DARI GYPSUM

No comments



     CARA MEMBUAT PATUNG DARI GYPSUM

    Waktu lalu,dalam mata pelajaran sekolah menengah atas dihadapkan pada mata pelajaran seni rupa salah satunya adalah benda tiga dimensi ,dari hal tersebut siswa dituntut untuk mempelajari semua jenis benda tiga dimensi bahkan ada yang diberi tugas untuk membuat benda tiga dimensi yaitu patung. Dilansir pada Wikipedia,Patung adalah benda tiga dimensi karya manusia yang diakui secara khusus sebagai suatu karya seni.Tujuan penciptaan patung adalah untuk menghasilkan karya seni yang dapat bertahan selama mungkin.Ada beberapa pilihan bahan-bahan untuk membuat patung dan guru biasanya memberikan pilihan yang mudah misalnya dari plastisin,tanah liat,semen bahkan gypsum dari beberapa pilihan itu saya lebih menyukai membuat patung dari gypsum dengan alasan mudah didapat,murah,dan pembuatannya hanya membutuhkan waktu relatif singkat dan mudah.Dan kali ini saya akan berbagi cara membuat patung dari gypsum yang pernah saya lakukan waktu sekolah menengah atas ..

BAHAN-BAHAN :

1.Gypsum

2. Air

3. Cat air

ALAT-ALAT :      

1. Cetakan

2. Wadah  

3. Cutter

4. Amplas

5. Pengaduk

6. Kuas

LANGKAH-LANGKAH MEMBUAT PATUNG DARI GYPSUM :

1. Belah cetakan menjadi dua bagian dengan cutter agar mudah untuk memasukkan adonan gypsum

2. Masukkan gypsum ke dalam wadah ,aduk perlahan dan masukkan air sedikit demi sedikit dan sampai merata

3. Tuangkan adonan gypsum ke dalam cetakan,sampai merata agar tidak ada rongga bila perlu ditekan-tekan biar padat

4. Kemudian, diamkan selama 24 jam agar adonan gypsum kering

5. Keesokan harinya,pisahkan gypsum dari cetakan dengan perlahan

6. Karena media cetakan di belah jadi harus disatukan dengan gypsum yang basah sebagai lemnya.Alasan saya membelah cetakan karena agar mudah mengering dan kemungkinan akan berhasil karena melihat teman saya yang membuatnya tidak dibelah dahulu sampai beberapa hari tidak jadi-jadi dikarenakan gypsum sulit kering.


Baca Juga : CONTOH LAPORAN KERAJINAN LIMBAH ANORGANIK SAMPAH PLASTIK

7. Dan apabila ada rongga,bisa ditutup dengan plamir ataupun gypsum yang basah.Akan tetapi waktu itu saya tidak menggunakannya karena tidak ada rongga.

8. Amplas terlebih dahulu sebelum memulai pengecatan agar permukaan halus ,cat mudah meresap dan merata

9. Mulailah pengecatan dengan menggunakan cat air dan kuas jika patung telah jadi sempurna dan kering.Saya sarankan untuk menggunakan cat air bila patung dibuat dari gypsum

10. Keringkan patung dan selesai patung siap di pamerkan....

 


(gambar hasil patung)


Nah seperti itulah penggalaman saya membuat patung dari gypsum saat duduk di bangku SMA.Sebelumnya ada catatan tentang kegagalan saya saat membuat patung dari gypsum yaitu saat proses pengecatan.Pada waktu itu pertama saya mengecatnya dengan pilox dengan alasan biar cepat kering,mudah dan mengkilap akan tetapi gagal dan warna pilox tidak menyatu dengan gypsum karena ternyata sebelum dipilox patung harus di amplas secara menyeluruh mengingat sebelumya saya hanya mengamplas bagian yang tidak rata saja dan patung harus dicat dasarannya atau di plamir dahulu,dan guru saya menyarankan untuk menggunakan cat air maka dari itulah saya kemudian menggunakan cat air hasilya pun memuaskan ,yah begitulah karena pertama membuat patung pasti akan ada kegagalan dan kesalahan.Semoga pengalaman saya ini bermanfaat bagi orang banyak.


 Referensi :

https://brainly.co.id/tugas/23676586&ved=

http://ozhu73.blogspot.com › 2012/07

https://www.tatitujiani.com › 2017/11


Comments