--> Contoh Perilaku Menghormati dan Menghargai Guru -->

Contoh Perilaku Menghormati dan Menghargai Guru

No comments


Contoh perilaku menghormati dan menghargai guru dapat diwujudkan dengan berbuat baik kepada guru, antara lain..mengucapkan salam bila bertemu.

    Menghormati guru merupakan suatu kewajiban yang dimiliki siswa terhadap gurunya, karena guru adalah orang yang berjasa dalam mendidik umat manusia setelah masa kanak-kanaknya, bahkan di usia remaja dan tua pun mereka tetap wajib mengenyam pendidikan formal dan informal. Dalam Islam, kewajiban belajar seumur hidup artinya selama seseorang mempelajari ilmu pengetahuan, guru tetap dibutuhkan, dan setelah tidak lagi belajar di suatu satuan pendidikan, maka hubungan antara siswa dan guru tetap berupa hubungan emosional dan ilmiah. Oleh karena itu, guru memberikan kontribusi terhadap perkembangan anak, kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual. Tanpa bimbingan guru maka perkembangan mental,pengetahuan dan keterampilan manusia tidak mungkin tercapai,meskipun setiap manusia memiliki potensi dalam diri sendiri tetapi tanpa sentuhan dan bimbingan guru melalui pendidikan,manusia tidak dapat memperoleh derajat dan kepandaian yang berarti, karena itu manusia wajib menghormati dan menghargai guru serta mengikuti perintahnya.Dalam islam guru juga merupakan orang tua.

    Dalam kitab Ta'lim Muta'allim dijelaskan bagaimana cara menghormati guru,diantaranya : tidak boleh berjalan didepan gurunya,tidak duduk ditempat yang di duduki gurunya , bila dihadapan gurunya tidak memulai pembicaraan kecuali atas izinnya.

Rasulullah SAW, bersabda :

"Dari Abu Hurairah r.a : bahwasanya Nabi SAW bersabda : Sesungguhnya ilmu itu (hanya bisa diperoleh) dengan cara belajar,dan sopan santun hanya bisa di dapatkan dengan cara (membiasakan) berlaku sopan.Carilah ilmu itu,dan tuntutlah dengan kesenangan hati disertai dengan perlakuan sopan santun."

    Perolehan ilmu harus dibarengi dengan kerendahan hati atau sifat tawadhu' siswa terhadap guru, karena ketaatan guru kepada siswa memperlancar proses penyerapan ilmu, dan ketaatan siswa kepada guru merupakan puncak sifat mulia siswa. Sikap patuh siswa terhadap gurunya sebenarnya merupakan semacam kehormatan dan kemuliaan baginya.

    Berbakti dan menghormati guru dapat diwujudkan dengan beberapa sikap , diantaranya :

  1. Mengucapkan salam apabila bertemu,
  2. Memperhatikan apabila di ajak berbicara di dalam maupun di luar kelas,
  3. Bersikap rendah hati, sopan dan menghargai,
  4. Melaksanakan nasihatnya,
  5. Melaksanakan kewajibannya dengan ikhlas.
Referensi :
Istiqomah dan Ulfa Wulan Agustina, "Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti", Jombang-Jawa Timur : LPPM Universitas KH.A.Wasab Hasbullah,2021

Comments