--> Akhlak terhadap Orang Tua beserta Dalilnya -->

Akhlak terhadap Orang Tua beserta Dalilnya

No comments

  

    Akhlak terhadap Orang Tua- Kenyataan dalam kehidupan setiap orang tidak bisa lepas dari peran dan jasa orang tuanya. Keberadaan mereka merupakan sosok yang memberikan banyak rasa cinta terhadap kemanusiaan. 

    Setiap anak harus bersikap sopan kepada orang tuanya. Dalam KBBI adab berarti kehalusan atau kebaikan budi pekerti, kesopanan atau akhlak.

    Salah satu ayat yang paling terkenal terkait perintah bersikap sopan kepada orang tua atau berbakti kepada orang tua ada pada surat Al Isra ayat 23, di mana Allah Ta'ala berfirman, “Dan Rabbmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya.” (QS. Al Isra ayat 23).

    Orang tua dapat dibagi menjadi tiga kategori, yaitu:

1. Orang tua adalah sumber lahirnya kita di bumi. Mereka adalah ayah dan ibu.

2. Orang tua yang mengajari kita segala macam ilmu, merekalah guru.

3. Orang tua pasangan hidup kita mempunyai hubungan perkawinan.Mereka adalah mertua.

    Kita harus menghormati, menaati, dan menyayangi orang tua ini karena pengabdian mereka yang tak terhingga kepada kita semua.

    Adapun orang tua yang harus dihormati terlebih dahulu adalah Ibu, mengapa? Orang tua pertama yang harus dihormati adalah ibu, kenapa? Mengutip buku “Pendidikan Agama Islam dan Karakter” (2021: 67) karya Ahmed Mahmoudi dan Mahnouna Ani Zulfa, orang tua pertama yang harus dihormati adalah ibu. Hal ini berdasarkan hadis shahih yang diriwayatkan oleh Nabi Muhammad SAW yang menyatakan bahwa tempat berbakti pertama bagi seorang anak adalah ibunya. Ibu tiga kali lebih penting karena melewati tiga masa yang melelahkan, yaitu masa kehamilan sembilan bulan, masa melahirkan (perjuangan antara hidup dan mati), dan masa menyusui yang berlangsung dari bulan hingga tahun. Oleh karena itu Islam menjelaskan bahwa seorang anak harus memberikan kesetiaannya terlebih dahulu kepada ibunya, kemudian kepada ayahnya.

Perintah tersebut terdapat dalam Hadist Al Bukhari dan Muslim yang berbunyi sebagai berikut.

عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ جَاءَ رَجُلٌ إِلَى رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ :يَا رَسُوْلَ اللهِ، مَنْ أَحَقُّ النَّاسِ بِحُسْنِ صَحَابَتِي؟ قَالَ أُمُّكَ، قَالَ ثُمَّ مَنْ؟ قَالَ أُمُّكَ، قَالَ ثُمَّ مَنْ؟ قَالَ أُمُّكَ، قَالَ ثُمَّ مَنْ، قَالَ أَبُوْكَ

Artinya, "Seseorang datang kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam dan berkata, 'Wahai Rasulullah, kepada siapakah aku harus berbakti pertama kali?' Nabi shallallahu 'alaihi wasallam menjawab, 'Ibumu!' Dan orang tersebut kembali bertanya, 'Kemudian siapa lagi?' Nabi shallallahu 'alaihi wasallam menjawab, 'Ibumu!' Orang tersebut bertanya kembali, 'Kemudian siapa lagi?' Beliau menjawab, 'Ibumu.' Orang tersebut bertanya kembali, 'Kemudian siapa lagi,' Nabi shallallahu 'alaihi wasallam menjawab, 'Kemudian ayahmu.'"

    Banyak anak jaman sekarang yang sudah melupakan akhlak mulia orang tuanya, mengapa demikian? Ada beberapa hal yang dapat menimbulkan rasa malu moral bagi orang tua akhlak tercela kepada orang tua, antara lain:

1. Intensitas pertemuan antara anak dan orang tua sangat terbatas. Hal ini terjadi setiap saat karena berbagai alasan, baik dari orang tua maupun dari anak.

2. Kehidupan anak kurang atau bahkan tidak dikendalikan oleh orang tua sebagai penanggung jawab kehidupan keluarga.Sehingga kemungkinan anak akan berkembang sesuai dengan apa yang dilihatnya, dirasakannya, dan dialaminya.Jika orang tua tidak bisa menjadi uswatun hasanah , anak tentu saja akan menjadi liar yang nantinya dapat memicu perkembangan (pergaulan bebas) tanpa bimbingan.

3. Dampak kemajuan teknologi informasi tidak dapat dibendung, orang tua dalam keadaan seperti ini seringkali minder dengan anaknya, bahkan bisa saja tertipu oleh anaknya. Oleh karena itu peran orang tua sangat diperlukan dan sangat menentukan.

Apa nama istilah lain dari berbakti kepada orang tua?

Berbuat baik terhadap orang tua (birrul walidain) adalah memberi kebaikan atau berkhidmat kepada keduanya serta mentaati perintahnya (kecuali yang ma'siat) dan mendoa'kannya apabila keduanya telah wafat.

Beberapa bentuk akhlak mulia kepada orang tua sebagai berikut:

  1. Mendengarkan dan menaati nasihat orang tua  dengan baik.
  2. Bicara dengan orang tua dengan sopan dan halus
  3. Memandang orang tua dengan kasih sayang
  4. Membantu meringankan pekerjaan orang tua
  5. Menjaga nama baik orang tua
  6. Memberikan perhatian kepada orang tua
  7. Mendoakan orang tua
  8. Menampung orang tua kita di rumah (jika sudah berusia lanjut)
  9. Bersedekah atas nama orang tua
  10. Melaksanakan nazar orang tua kita yang belum terlaksana
  11. Menjalin silaturahmi dengan teman-teman orang tua,ketika orang tua masih hidup atau jika orang tua sudah meninggal
  12. Membayar hutang-hutang orang tua.
    Berbuat baik kepada orang tua yang sudah meninggal dunia juga telah diajarkan oleh Rasulullah Saw.Sabda Rasulullah Saw,yang  artinya, Abu Usad berkata, Kami pernah berada pada suatu majelis bersama Rasulullah Saw. Seseorang bertanya kepada beliau, "Wahai Rasulullah, apakah ada sisa kebajikan sedekah keduanya meninggal dunia yang aku untuk berbuat sesuatu kebaikan kepada kedua orang tuaku?" Rasulullah Saw. bersabda , "Ya, ada empat hal; mendoakan dan memintakan ampun untuk keduanya, menepati/melaksanakan janji keduanya, memuliakan teman-teman keduanya, dan bersilahturahmi yang engkau tiada mendapatkan kasih sayang kecuali karena kedua orang tua"
    Dengan melakukan atau menerapkan beberapa bentuk akhlak mulia atau berbakti kepada orang tua yang telah disebutkan di atas maka ia akan mendapatkan hikmah sebagai berikut :
1. Kedua orang tua lebih memperhatikan kebutuhan anaknya dengan catatan permintaan tersebut masih dalam batas-batas yang wajar
2. Kedua orang tua akan lebih sayang dan senang kepada anaknya.Dengan adanya kasih sayang dari orang tua,ibu dan bapak akan selalu mendoakan anaknya agar Allah Swt senantiasa melindungi dan memberi jalan yang baik kepada anaknya.
Selain itu juga terdapat amalan doa kedua orang tua terdapat dalam beberapa surat di Al-Qur'an, seperti dalam Surat Al-Isra' ayat 23 dan Surat Al-Ahqaf ayat 15.
    Sebaliknya apabila anak durhaka kepada kedua orang tua maka ia akan menerima akibat negatif.Tolok ukur durhaka kepada orang tua adalah sebagaimana firman Allah Swt.yang artinya : Jika salah seorang di antara mereka telah berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali jangan kamu mengatakan kepada keduanya perkataan "ah", dan janganlah kamu membentuk mereka,ucapkan kepada mereka perkataan yang mulia.(QS.Al-Isra' 17;23)
    Salah seorang sahabat pernah bertanya kepada Rasulullah Saw, "Apakah ukuran durhaka kepada kedua orang tua?" Rasulullah Saw.menjawab , "Ketika mereka menyuruh ia tidak mematuhi mereka,ketika mereka meminta ia tidak memberi mereka,jika memandang mereka ia tidak hormat kepada mereka sebagaimana hak yang telah diwajibkan bagi mereka." (Mustadrak Al-Wasail 15;195)
    Rasulullah Saw.pernah bersabda kepada Ali bin Abi Thalib, "Wahai Ali,barang siapa yang membuat sedih kedua orang tuanya,maka ia telah durhaka kepada mereka." (Al-Wasail 21:389;Al-Faqih 4:371)
    Beberapa akibat anak durhaka pada orang tua,yaitu sebagai berikut :
  1. Dimurkai oleh Allah Azza wa Jalla.
  2. Menghalangi terkabulnya doa.
  3. Celaka di dunia dan akhirat.
  4. Dilaknat oleh Allah Swt.
  5. Amal kebajikannya tidak diterima oleh Allah Swt.
  6. Shalatnya tidak diterima oleh Allah Swt.
  7. Tidak melihat Rasulullah Saw, pada hari kiamat.
  8. Diancam dimasukkan ke dalam dua pintu neraka
  9. Tidak akan menciuam aroma surga
  10. Menderita saat sakaratulmaut.
    Lantas bagaimana sikap yang benar ketika orang tua memiliki akidah yang berbeda dengan kita?
Tetap berbuat baik kepada mereka.Karena tidak semua orang harus sama atau bahkan sempurna. Jangan menuntut kepada kedua orang tua untuk sempurna.Mereka juga memiliki pandangan yang menurut mereka benar dan baik,yang terkadang dimata kita tidak.Kita harus tetap menerima apapun mereka selama dibatas wajar.Jadi hargai dan berbauat baik kepada mereka dari apapun yang berbeda seperti halnya dengan akidah.
Durhaka terhadap orang tua juga termasuk salah satu dosa benar 
Itulah akhlak yang mulia beserta hikmah yang dapat diambil.Semoga dapat bermanfaat. Terimakasih

Referensi :
H.Aminudin dan Harjan Syuhada , "Akidah Akhlak Madrasah Aliyah Kelas X" , Jakarta : PT Bumi Aksara, 2021

Comments