Foto by senanur
Carilah judul skripsi :
Yang mudah dipahami
Yang belum di pakai atau digunakan (mencoba sesuatu yang baru) yang belum pernah ada.
Maka dari itu aku berinisiatif untuk membuat blog ini yang merekomendasikan kalian atau sudah menyediakan strategi untuk menemukan judul skripsi. Berikut penjelasannya;
Cara cari judul skripsi ;
1. Mencari Referensi Judul Sesuai Tema
Cari judul yang diinginkan untuk di jadikan penelitian terdahulu di Google Cendikia (pilih rentang tahun - pilih mencakup kutipan) dan mencari judul di SINTA (pilih atau centang SINTA 1 - 4) kemudian pilih dalam bentuk jurnal, artikel maupun skripsi. Agar judul bagus : cari jurnal yang diterbitkan sudah memiliki bintang atau rating tinggi atau peringkat jurnal di website "Sinta Kemendikbud" 5 tahun terakhir mulai tahun 2018, maka dari itu pilih SINTA 1-4.
2. List (menulis daftar referensi judul skripsi)
Jika sudah mencari dan mendapatkan judul dari Google Cendikia (Google Scholar) maupun SINTA maka lebih baik dari beberapa judul tersebut di list misal sampai 1-15 judul.
~Contoh List judul skripsi 1 - 9~
tema : KEPUTUSAN PEMBELIAN (Penelitian Terdahulu)
1. Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian
2. Studi tentang perilaku konsumen beserta implikasinya terhadap keputusan pembelian
3. Keputusan pembelian berdasarkan faktor psikologi dan bauran pemasaran
4. Harga, kualitas produk, dan kualitas pelayanan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian mobil toyota avanza
5. Pengaruh medsos terhadap keputusan pembelian konsumen cherie melalui minat beli
6. Pengaruh bauran promosi dan harga terhadap keputusan pembelian produk kosmetik Maybelline di kota Padang
7. Pengaruh kualitas produk dan brand image terhadap keputusan pembelian
8. Pengaruh promosi online dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian
9. Promosi, distribusi, harga pengaruhnya terhadap keputusan pembelian rokok surya promild
3. Mencari, Menentukan atau Memilih Teori
Jika sudah list judul, maka langkah selanjutnya tentukan teori mana yang pas atau yang diambil. Kalau ingin mudah dalam mencari teorinya secara lengkap lebih baik mencarinya di skripsi.
Contoh dari tema yang diambil dari tema sebelumnya yaitu keputusan pembelian. Maka cari teori mengenai "keputusan pembelian".
Misal teori yang diambil yaitu ;
Marketing Mix / bauran pemasaran 4P (dalam skripsi harus ada teori yang mendasari) diantaranya :
1. Price
2. Product
3. Promotion
4. Place
4. Mencari Pokok Penting
Cari pokok penting dari list judul atau cari variabel yang mempengaruhi, misalnya keputusan pembelian diantaranya :
- Harga dan Kualitas produk (Price dan Product)
- Perilaku Konsumen
- Faktor Psikologi
- Kualitas Pelayanan (Promotion)
- Media Sosial (Promotion)
- Bauran Promosi (Promotion)
- Brand Image (Promotion)
- Promosi Online dan Persepsi Harga (Promotion dan Price)
- Distribusi
5. Menyesuaikan dengan Teori
Setelah menentukan pokok penting dari list judul selanjutnya menyesuaikan pokok penting tersebut dengan teori yang diambil.
Misal : ketika melihat contoh list judul di atas pokok penting atau variabel yang mempengaruhi berdasarkan tema yang telah diambil dapat disimpulkan bahwa, yang belum ada di list judul yaitu mengenai teori "place" maka yang diambil variabel itu untuk dijadikan judul skripsi.
Jadi konsepnya penelitian terdahulu adalah menjadi patokan judul
Sedangkan kerangka teori merupakan hal yang mendasari judul.
Cara kedua dengan survei awal
Cara kedua mencari atau menentukan judul skripsi yaitu menentukan topik masalah dengan survei awal berupa hipotesa.
Kalau kualitatif harus survei awal 40 orang. Ketika survei akan menemukan faktor utama masalahnya lalu yang menjadi faktor utama tersebut dijadikan suatu judul sesuai dengan teori yang ada atau sesuai.
Selanjutnya :
1. Merumuskan masalah
Rumusan masalah merupakan judul yang dijadikan pertanyaan.
2. Merumuskan hipotesa
Merupakan dugaan sementara maksud kesimpulan dari penyebab faktor utama masalah yang di teliti.
Misal : ada pengaruh produk terhadap keputusan pembelian.
Teknik mencari data yaitu dengan menyebar angket yang mudah dipahami jangan disuruh mengarang indah atau jangan esai.
~Untuk menentukan menggunakan 2 variabel Xnya atau variabel yang mempengaruhi maka datanya harus hampir sama misal mendapatkan kuesioner jawaban 19 orang memilih 'pengaruh produk' dan 16 orang memilih 'pengaruh promosi'. Jadi, yang diambil judulnya 2 variabel yang mempengaruhi. Yaitu judulnya : Pengaruh Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian. Jadi, berapa jumlah datanya yang diambil dan jangka variabel untuk menentukan apakah menggunakan 2 variabel atau tidaknya.
Sekian 2 informasi yang dapat aku sampaikan mengenai cara memilih atau mencari judul skripsi. Yap kalian tinggal pilih cara yang mana untuk menemukan judul skripsi kalian. Jika ada yang ingin ditanyakan, bisa bertanya lewat kolom komentar yaaa.... . Terimakasih semoga bermanfaat.
Selamat Mencoba......!