--> Cara Mudah Mencari Judul Skripsi -->

Cara Mudah Mencari Judul Skripsi

No comments

Cara Mudah Mencari Judul Skripsi

Foto by senanur


Carilah judul skripsi :
Yang mudah dipahami
Yang belum di pakai atau digunakan (mencoba sesuatu yang baru) yg belum pernah ada. 
Maka dari itu aku berinisiatif untuk membuat blog ini yang merekomendasikan kalian atau sudah menyediakan strategi untuk menemukan judul skripsi. Berikut penjelasannya;

Cara cari judul skripsi ;
1. Mencari referensi judul sesuai tema yang diinginkan untuk di jadikan penelitian terdahulu di  google cendikia (pilih rentang tahun - pilih mencakup kutipan) dan mencari judul di SINTA (pilih atau centang SINTA 1-4) kemudian pilih dalam bentuk jurnal, artikel maupun skripsi.
Agar judul bagus : yg jurnal diterbitkan sudah memiliki bintang atau rating tinggi atau peringkat jurnal di website "Sinta Kemendikbud" 5 tahun terakhir mulai thn 2018,maka dari itu pilih SINTA 1-4.

2. Jika sudah mencari dan mendapatkan judul dari Google cendikia maupun SINTA maka lebih baik dari beberapa judul tsb di list misal sampai 1-15 judul.
Contoh List judul skripsi
pembahasan : KEPUTUSAN PEMBELIAN (Penelitian Terdahulu)
1.  Pengaruh harga dan kualitas produk thd keputusan pembelian
2. Studi ttg perilaku konsumen beserta implikasinya thd keputusan pembelian
3. Keputusan pembelian berdasarkan faktor psikologi dan bauran pemasaran
4. Harga, kualitas produk, dan kualitas pelayanan pengaruhnya thd keputusan pembelian mobil toyota avanza
5. Pengaruh medsos thd keputusan pembelian konsumen cherie melalui minat beli
6. Pengaruh bauran promosi dan harga thd keputusan pembelian produk kosmetik Maybelline di kota Padang
7. Pengaruh kualitas produk dan brand image thd keputusan pembelian
8. Pengaruh promosi online dan persepsi harga thd keputusan pembelian
9. Promosi, distribusi, harga pengaruhnya thd keputusan pembelian rokok surya promild

3. Jika sudah list judul, maka langkah selanjutnya tentukan teori mana yg pas atau yang diambil. Kalau ingin mudah teorinya atau lengkap mencarinya di skripsi.


Contoh dari tema yang diambil dari tema sebelumnya yaitu keputusan pembelian. Maka cari teori mengenai "keputusan pembelian".Misal teori yg diambil yaitu ;
Marketing Mix / bauran pemasaran 4P (dalam skripsi harus ada teori yang mendasari)  diantaranya :
‌1. Price
‌2. Product
‌3. Promotion
4. Place

4.  cari pokok penting dari list judul atau cari variabel yang mempengaruhi keputusan pembelian diantaranya :
- Harga dan Kualitas produk (price dan product)
- Perilaku Konsumen
- faktor psikologi
- kualitas pelayanan (Promotion)
- media sosial (Promotion)
- bauran promosi (Promotion)
- brand image (Promotion)
- promosi online dan persepsi harga (Promotion dan price)
- distribusi

5. Setelah menentukan pokok penting dari list judul selanjutnya menyesuaikan pokok penting tsb dengan teori yang diambil.
Misal : ketika melihat contoh list judul diatas pokok penting atau variabel yang mempengaruhi yang disesuaikan tema yang telah diambil  dapat disimpulkan bahwa ; Yg belum ada di list judul mengenai teori "place" maka yg diambil variabel itu untuk dijadikan judul skripsi.

Jadi konsep nya penelitian terdahulu adalah  menjadi patokan judul
Sedangkan kerangka teori merupakan hal yg mendasari judul.

Cara kedua dengan survei awal 

Cara kedua mencari atau menentukan judul skripsi yaitu menentukan topik masalah dengan survei awal berupa hipotesa.
Kalau kualitatif harus survei awal 40 orang.  Ketika survei akan menemukan faktor utama masalah nya lalu yang menjadi faktor utama tsb dijadikan suatu judul sesuai dengan teori yang ada atau sesuai.

Selanjutnya :
1. Merumuskan masalah
Rumusan masalah merupakan judul yang dijadikan pertanyaan.
2. Merumuskan hipotesa : dugaan sementara maksud kesimpulan dari penyebab faktor utama masalah yg di teliti.
Misal : ada pengaruh produk thd keputusan pembelian.
Teknik mencari data yaitu dengan menyebar angket yg mudah dipahami jangan disuruh mengarang indah atau jgn isai.

 
#variabel atau data harus data nya hampir sama misal mendapatkan kuesioner jawaban 19 dan 16 orang.Jika yang diambil judulnya 2 variabel yang mempengaruhi. Misal judulnya : pengaruh produk dan promosi terhadap keputusan pembelian.

Jadi, berapa yang diambil dan jangka variabel untuk menentukan apakah menggunakan 2 variabel atau tidaknya.

Sekian 2 informasi yang dapat aku sampaikan  mengenai cara memilih atau mencari judul skripsi. Yap kalian tinggal pilih cara yang mana untuk menemukan judul skripsi kalian. Terimakasih semoga bermanfaat. 


Comments